Kopassus Bantu Evakuasi Korban Banjir

Jakarta, InfoPublik – Kopassus menurunkan dua Tim berkekuatan 31 personel untuk membantu evakuasi korban banjir di dua wilayah yang berbeda yaitu Bekasi dan Bogor, pada Rabu sore (1/1/2020). Di Bekasi tepatnya di Komplek Perumahan Villa Jatirasa, Kopassus mengirim 14 personel dipimpin oleh Lettu Inf Dzacky Habibi. Sementara itu di wilayah Bogor diterjunkan 17 personel dipimpin Letda Inf Suharyadi untuk membantu korban banjir di  Ds. Bojong Kulur, Gunung Putri, Kab. Bogor.

Untuk mendukung kelancaran dalam memberikan bantuan kedua Tim dilengkapi dengan sejumlah peralatan seperti perahu karet sejumlah 4 unit, pompa, pelampung alat komunikasi dan beberapa perlengkapan pendukung lainnya. 

Seperti yang sebelumnya dilakukan di Kab Bogor dan Bekasi, selanjutnya Kopassus mengirimkan anggotanya untuk memberikan pertolongan pada warga masyarakat korban banjir di Kp. Cibedil, Ds. Sangiang Kec. Maja Kab. Lebak, Prov. Banten. Tim berkekuatan 12 orang dipimpin oleh Letda Inf Sahrul berangkat dari Mako Grup-1 Kopassus Rabu siang (1/1/2020) dan sampai di lokasi menjelang petang. Tim dilengkapi dengan tenaga medis dan peralatan pendukung utamanya perahu karet.

Sampai di lokasi segera memberikan bantuan, namun karena ada beberapa lokasi yang tidak bisa dicapai dengan menggunakan perahu karet, maka pertolongan dilakukan dengan cara digendong menyeberangi air hampir mencapai pinggang dalam cuaca yang relatif gelap.

Sementara itu di Kel. Cawang Kec. Kramatjati Jakarta Timur, Kopassus menerjunkan satu Tim berkekuatan 8 orang dipimpin oleh Letda Inf. Joko Prayitno. Tim dengan menggunakan perahu karet berhasil mengevakuasi  beberapa  warga yang terjebak banjir diantaranya Ana (35 tahun), Kodir (50 tahun) dan Yanto (60 tahun), dan selanjutnya dibawa ke tempat penampungan. Selain mengevakuasi, Tim juga berusaha memberikan bantuan medis kepada sejumlah warga yang terdampak banjir. Dalam kesempatan tersebut Lurah Cawang, Didik, ikut mendampingi Tim Kopassus dalam memberikan bantuan.(Pen Kopassus)

Leave a Comment