Bersatu Membangun Tanah Papua

Bersatu Membangun Tanah Papua 

Salah satu peserta IKAL PPSA XXI adalah Bapak Brigjen TNI I Nyoman Cantiasa. S.E, M.Tr(Han) Beliau Akabri terbaik yang meraih Bintang Adimakayasa dan Bintang Tri Cakti Wira Utama pada Tahun 1990 Ketegasan, Kecerdasan dan jiwa prajurit yang tangguh dalam membela tanah air Indonesia sangat terlihat dalam kesehariaannya baik dalam situasi kelas maupun peran bersama rekan dan masyarakat.

Sebagai seorang prajurit yang saat ini menjabat sebagai Kepala Staf Kodam XVII/Cen (Kasdam) di Papua beliau memperlihatkan peran keaktifannya menjaga wilayah Negara Kesatuan Republik Indonesia. Berikut penyampaian Brigjen I Nyoman Cantiasa (panggilan akrab beliau) kepada Tim IKAL PPSA XXI melalui diskusi peran antara Brigjen TNI Heri Wiranto Waaspers Panglima TNI dalam rangkaian penyelesaian Trans Papua. Saya akan berjuang.!! Ini kalimat tegas yang pertama keluar dari beliau.

Bersatu Membangun Tanah Papua

_Pertama_, Demi Papua dan Indonesia kita berjibaku dalam pengabdian kepada Negara dan Bangsa dibawah ancaman cuaca yang ekstrem dan tidak menentu serta dinginnya pegunungan Papua dan medan yang sulit serta ekstrim bahkan dalam pengabdian tugas dibawah ancaman musuh para KKSB/OPM yang selalu membayangi apabila kita lengah.

_Kedua_, saat bekerja membelah hutan belantara Papua untuk membangun jalan-jalan membuka isolasi di Papua, banyak tantangan dan hambatan yang harus kita alami namun kita tetap tegar dan semangat membara untuk membangun Negeri.

_Ketiga_, Tidak ada sedikitpun kata menyerah. Kami seluruh prajurit terus bekerja dan berkarya demi negeriku yang tercinta. Apa yang disampaikan Bli Nyoman memang telah dibuktikan. Kecerdasan dalam kelas selama di Lemhannas RI selalu disampaikan bahwa Program Pemerintah RI dengan Nawacita sudah jelas bahwasanya pembangunan bukan lagi Jawa sentris tetapi Indonesia sentris. Untuk itu langkah yang harus diwujudkan adalah memulai pembangunan dari pulau-pulau terluar bahkan dari pedalaman. Jenderal penuh ketegasan ini kembali menyampaikan bahwa saudara-saudara kita yang memiliki ideologi separatis perlahan dan pasti, mulai sadar dan pada akhirnya dapat _turun gunung_ dan menyerahkan senjata serta mereka ingin hidup normal seperti saudara lainnya di Papua untuk bersama-sama Bersatu, Bekerja, Membangun Negeri. Bli Nyoman juga menyampaikan bahwa Pada dasarnya mereka juga ingin punya masa depan seperti saudara yang lain di Jawa dan Provinsi lain di Indonesia.

Untuk itulah TNI tampil sebagai solusi ikut membangun Papua dan membangun Negeri sesuai Undang-undang Dalam kesempatan wawancara ini, Bli Nyoman memohon doa agar seluruh prajurit yang mengabdi di Tanah Papua maupun dalam tugas dinas lain di Indonesia selalu dalam lindungan Tuhan YME dan dapat menyelesaikan tugas Negara dengan baik aman dan lancar. Akhir cerita, Bli Nyoman menyampaikan bahwa peran TNI dapat menjadi menjadi solusi di Papua. Amiiin ..Om Svaha. Demikian kisah IKAL PPSA XXI yang terus Bersatu, Bekerja, Membangun Negeri (cmd)

3 Comments

  1. Abdul soleh says:

    Mantabe Luar Biasa

    salam TwoOneKu

  2. ASRA says:

    TNI intelektual, sukses selalu bang

  3. ASRA says:

    Salam sukses selalu bang

Leave a Comment